Monday, June 25, 2012

CEPAT DAN DINAMIS

Tulisan ini pernah dimuat di majalah MOTOR Car & Tuning Guide edisi 375
TEKNOLOGI PC MOBIL


Aplikasi PC yang biasa dipakai di luar mobil nampaknya bukan hal sulit lagi buat diaplikasi. Karena saat ini pabrikan audio mobil di China sudah mulai sukses membuat teknologi PC yang bisa dipakai di mobil. Hal ini mengemuka ketika berlangsung ajang perkenalan teknologi baru yang digagas PT. Intersis Sejahtera Abadi, pemasok produk multimedia AVT di hotel Brobudur, Jakarta beberapa waktu lalu.
Teknologi PC mobil lahir lantaran perangkat multimedia yang sudah ada butuh loncatan besar. Nah PC mobil merupakan jawabannya. Dengan teknologi ini tampilan perangkat multimedia menjadi sangat-sangat lebih dinamis. “Jadi nanti tampilan bisa diubah-ubah sesuai kemauan,” ungkap Ayong Jeo, bos PT. Intersis Sejahtera Abadi. Maksudnya dengan adanya perangkat yang bisa software pemilik dapat menjalankan program sesuai kemauan.
********
Perangkat PC mobil ini terdiri dari sebuah CPU layaknya komputer yang ada di rumah. Bentuknya seperti head unit single DIN. CPU ini dapat terkoneksi dengan SD card, USB, GPS dan DVD player. Untuk mengendalikannya dipakai keyboard berukuran besar dan layar monitor yang umum di pakai di mobil. Karena sistemnya mengadopsi PC rumah, ada komponen power suply yang dipakai.
Dengan adanya teknologi ini, maka tampilan pengaturan menu di monitor dapat diubaah sesuai dengan kemauan. Bahasa yang lebih screen saver dan tombol menu dapat diubah-ubah dengan cepat. Hal lainnya, aplikasi internet benar-benar bisa bekerja dengan baik karena teknologi ini benar-benar untuk mobil. Dalam aplikasi internet nantinya pihak pabrikan yang khusus membuat produk AVT telah membuat modem khusus untuk PC mobil.
“Teknologi ini dalam jangka 2 tahun baru bisa diaplikasi, kita hanya ingin kenalkan bahwa PC mobil sudah bisa diaplikasi,” ungkap Jaka Sendrawan, salah satu staff AVT yang ikut memberikan keterangan. Agar bisa terintegrasi dengan komputer mobil, pabrikan audio telah menyiapkan program terintegrasi untuk menginformasikan kondisi mobil. “Semua data tentang mobil bisa tersimpan di PC mobil,” tukas Ayong. Rahmat

No comments:

Post a Comment